Bruce Arena Jadi Pelatih Sementara Timnas AS

Timnas Amerika Serikat baru saja mendapatkan pelatih yang baru setelah manajer yang lama, yakni Juergen Klinsmann resmi diberhentikan. Walau belum tentu menjadi pelatih tetap timnas ini, namun kini Bruce Arena akan menjadi pengganti untuk sementara.

Juergen Klinsmann resmi dipecat setelah hasil yang diperoleh timnas Amerika Serikat tidak seusai dengan harapan, bahkan kini terpuruk di kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONCACAF. AS gagal dengan skor 1-2 dari Meksiko dan telak dari Kosta Rika dengan skor 0-4 dalam dua laga yang terakhirnya.

Sebagai pengganti Klinsmann, AS kemudian memilih Arena. Sejatinya, Bruce Arena adalah orang lama di timnas AS karena dia pernah memegang jabatan sebagai pelatih di tahun 1998 hingga 2006. Timnas sebenarnya sukses selama Arena menjabat di musim tersebut. AS pernah berada di peringkat keempat daftar FIFA, dua kali menjadi juara Piala Emas, dan melaju ke babak perempatfinal Piala Dunia 2002.

” Tiap kali Anda memperoleh peluang untuk kembali melatih tim nasional, itu bagi saya adalah suatu kehormatan. Saya senang dengan kerjasama dalam sebuah tim yang baik dan paham dengan tantangan yang mereka hadapi. Saya dan tim akan berupaya yang terbaik demi melaju ke Piala Dunia 2018 di Rusia, ” ujar Arena.

Bruce Arena yang tahun ini berusia 65 tahun, sebelumnya juga pernah menjadi pelatih dariĀ  beberapa klub, seperti DC United, New York Red Bulls, dan Los Angeles Galaxy.