Alexander Isak, pencetak gol termuda swedia di Borussia Dortmund

Terdapat pemain baru di Borussia Dortmund. Alexander Isak, pemain muda yang baru berusia 17 tahun ini menjadi pemain baru sekaligus memegang rekor pemain muda yang awalnya dipegang Erik Dahlstrom seabad yang lalu di timnas Swedia.

Alexander Isak merupakan pemain muda yang sudah lama diincar banyak klub besar Eropa selama beberapa waktu yang lalu. Namun, di bulan Januari ini Isak menampilkan kemampuan terbaiknya. Awal Januari lalu, Isak memulai debutnya di timnas Swedia. Berlaga di menit ke-62 saat Per Frick keluar lapangan dalam laga kontra Pantai Gading, Isak menampilkan performa terbaik.

Empat hari setelah laga, Isak kemudian tampil yang kedua bersama Swedia kontra Slovakia dengan hasil 6-0. Pemain dari Solna, 21 September 1999 itu juga menciptakan gol. Golnya menjadikan Isak sebagai pencetak gol paling muda di Swedia, sekaligus memecahkan rekor dari Erik Dahlstrom yang tak ada merebut sejak 105 tahun yang lalu.

Berikut catatan penampilan pemain ini di klubnya.

– Isak mulai debut di AIK Solna, menjadi pencetak gol dengan skor 6-0 atas Tenhults IF dalam laga Piala Swedia, Februari 2016 yang lalu.

– Dia menjadi pencetak gol termuda di liga Swedia saat melawan Ostersunds FK dengan skor 2-0.

– Setelah menandatangani kontrak di Mei 2016, Isak menjadi bintang di lini depan AIK Solna. Akhir September 2016 lalu, dia menciptakan dua gol dengan skor 3-0 atas Djurgardens IF tepat di hari ulang tahunnya.

Bersama AIK, dia membukukan 10 gol dari 24 laga. Borussia Dortmund sendiri mendapatkannya dengan nilai 10 juta euro atau sekitar Rp 143 miliar. Di sisi lain, Isak juga disebut-sebut sebagai “Zlatan Ibrahimovic Baru”.

Menurut Chinedu Obasi, rekannya di AIK Solna, Alexander Isak merupakan pemain berbakat dengan penampilan terbaik. “ Dia dapat menjadi Zlatan Ibrahimovic yang baru, ” ucapnya.