Schweinsteiger Absen Di Liga Europa, Ini Penjelasan Mourinho

Bastian Schweinsteiger akan menjadi bagian dari daftar pemain Jose Mourinho untuk tim Manchester United di Liga Premier 2016/2017 yang akan datang. Walau demikian, Schweini, nama panggilannya malah tidak akan ikut serta dalam tim di Liga Europa yang akan datang.

Kondisi Schweini di Manchester United kini sedang tidak aman. Jose Mourinho secara tegas mengatakan bahwa dirinya tidak akan menjadi pemain inti dalam susunannya di klub. Tak heran jika sampai saat ini, Schweini sama sekali tidak diturunkan di laga mereka.

Walau begitu, Mourinho tetap memasukkan Bastian Schweinsteiger untuk Liga Premier Inggris nanti. Tetapi, hal ini tidak berlaku untuk turnamen Liga Europa mendatang, pasalnya Mourinho tidak akan menurunkannya. Nama pesepakbola yang baru gantung sepatu dari Timnas Jerman itu tak akan ada di tim The Red Devils.

Dalam susunan pengaturan UEFA, klub hanya terdiri dari 21 pemain yang masuk pilihan bukan club-trained dalam 25 nama pemain mereka. Sisanya akan diberikan tempat untuk pemain club trained. Sementara, MU justru sudah mempunyai 22 pemain non club-trained, sehingga satu pemain tidak dapat diikutsertakan.

Demi memenuhi syarat menjadi club-trained, pemain wajib sudah bermain selama tiga musim secara penuh di Old Trafford pada usia 15 dan 21 tahun. Wayne Rooney, Marcus Rashford, dan Jesse Lingard merupakan pemain MU yang sudah masuk memenuhi syarat. Jadilah Schweini yang menjadi pemain yang tak diikutsertakan. Apalagi dia juga tak ikut serta dalam latihan bersama tim cadangan.

Posisi tak pasti yang diberikan Mourinho pada Schweini berawal dari ketika sang pemain tidak ikut dalam laga MU ketika melakukan uji coba kontra Galatasaray di Nya Ullevi, 31 Juli 2016. Selain itu, Mourinho juga menempatkan Schweini berlatih hanya bersama tim cadangan MU saja.

Tidak sampai disitu, Mourinho juga meminta Schweini untuk mengosongkan lokernya dan pindah ke kamar ganti tim cadangan. Namanya semakin tak ada harapan masuk ke tim inti MU, saat Mourinho mengungkapkan bahwa peluang Schweinsteiger tampil regular dengan tim sangat tipis.

Hal ini semakin menjadikan Bastian Schweinsteiger tidak akan ikut memperkuat Manchester United menghadapi Feyenoord, Zorya, dan Fenerbahce di Grup A. Akan tetapi, Jose Mourinho masih dapat membuat keputusan baru dengan memasukkan suami petenis Ana Ivanovic ini di fase gugur pasca musim dingin 2017 nanti.