Lima Catatan Menarik Jelang Laga Vietnam Vs Indonesia

Timnas Indonesia akan melaksanakan putaran kedua di babak semifinal Piala AFF 2016 kontra Vietnam, di hari Rabu (7/12/2016) yang akan dihelat di Stadion My Dinh. Pada laga awal, Sabtu (3/12/2016), Timnas sudah berhasil dengan skor 2-1 atas tuan rumah ini.

Timnas Indonesia melaju ke babak semifinal sebagai juara dua Grup A dengan Thailand sebagai pemuncak. Di sisi lain, Vietnam juga berhasil sebagai posisi atas di Grup B, bersama Myanmar. Dalam putaran pertama di Stadion Pakansari, Sabtu (3/12/2016), Indonesia sukses lewat gol Hansamu Yama dan penalti Boaz Solossa. Gol Vietnam didapat dari penalti Nguyen van Quyet.

Walau berhasil, sang pelatih yakni Alfred Riedl mengharapkan agar para pemainnya dapat berlaga dengan baik dan semangat. ” Kami melawan Vietnam yang terkenal tangguh dan menang di laga pertama kemarin. Namun, kami akan mulai dari awal untuk kesulitan selanjutnya, ” ujar pelatih 67 tahun itu.

  • Berikut lima catatan menarik laga Piala AFF 2016 ini
  1. Laga ini menjadi laga ke-21 sejak musim 1991 lalu. Dari jumlah laga ini, Indonesia sukses 9 kali dan gagal sebanyak 5 kali. Dengan hasil seri 8 kali.
  2. Timnas Indonesia memiliki catatan tak mengenakkan ketika harus berlaga di My Dinh. Tim Garuda sukses 2 kali dari 10 laga kontra Vietnam di My Dinh. Sisanya, timnas seri dan kalah, masing-masing 4 kali.
  3. Vietnam jelang laga ini dengan hasil positif. Dari 9 laga mereka, Vietnam membukukan 6 keberhasilan, 2 seri, dan sekali kalah.
  4. Sementara, Indonesia, Boaz Solossa dan rekannya membukukan 4 keberhasilan, 2 seri, dan 2 gagal.
  5. Kemenangan paling mengesankan timnas Indonesia atas Vietnam didapat pada Desember 2004 dengan skor 3-0 dan di Stadion My Dinh.