Irfan Bachdim, Pemain Pilihan Alfred Riedl

Alfred Riedl sepertinya mempunyai hal yang unik ketika menjadi pelatih timnas Indonesia. Manajer dari Austria tersebut selalu menjadikan Irfan Bachdim masuk ke tim asuhannya. Banyak yang mempertanyakan apakah Bachdim merupakan kesayangan Riedl.

Irfan Bachdim memulai karirnya di timnas Indonesia pada ajang Piala AFF 2010 yang lalu. Di saat itu, Alfred Riedl memang memberikan peluang bagi Irfan dengan debut dengan Tim Garuda. Akan tetapi, debut pemain dari Ajax Amsterdam dengan timnas Indonesia sukses dengan skor 6-0 di laga uji coba kontra Timor Leste, di Palembang.

Sementara, di turnamen yang resmi, Bachdim baru bermain bersama Riedl ketika Indonesia menang atas Malaysia dengan skor 5-1 di Gelora Bung Karno dalam turnamen AFF 2010. Irfan kala itu dapat menciptakan satu gol dalam laga tersebut.

Irfan kembali menorehkan gol ketika Indonesia sukses dengan skor 6-0 atas Laos di laga kedua Piala AFF. Namun, kerjasama Irfan dan Riedl hanya sampai pada posisi runner-up setelah 2-4 dari Malaysia. Setelah ajang tersebut, Riedl diberhentikan Juli 2011 karena masalah PSSI. Tetapi, dia kembali menjadi pelatih timnas untuk Piala AFF 2014.

Saat ini, kali ketiga Riedl akan melatih timnas Indoensia menuju Piala AFF 2016. Bachdim juga akan mengisi salah satu posisi di skuat. Bachdim bahkan berlaga dalam dua laga uji coba saat Indonesia menghadapi Malaysia dan Vietnam. Penampilan mantan pesepakbola Persema Malang itu mengesankan dengan dua gol di dua laga.

Melihat performa Irfan Bachdim di laga uji coba, sepertinya kerjasama Alfred Riedl akan kembali terjadi dalam Piala AFF 2016 yang akan datang.