Boaz Dan Irfan Jadi Penentu Kemenangan Indonesia

Timnas Indonesia sukses saat melawan timnas Malaysia dalam laga uji coba yang dilaksanakan di Stadion Manahan, Solo, Selasa malam kemarin. Tim Merah Putih berhasil dengan skor akhir 3-0.

Keberhasiln ini cukup positif bagi timnas Indonesia. Pasalnya, ini merupakan kemenangan pertama mereka di turnamen internasional sejak berhenti karena adanya sanksi dari FIFA. Terlepas dari hal itu, Indonesia memang bermain dengan menarik. Mereka dapat menyerang dengan agresif sejak babak awal.

Terlihat beberapa kali, timnas berupaya melancarkan sernagan dari sisi sayap melalui Andik Vermansyah. Walau terkadang masih dapat dihadang oleh Malaysia. Walau begitu, Indonesia selalu berusaha menghalau timnas Malaysia. Sampai tim Merah Putih mendapat gol pertama melalui Boaz Solossa.

Boaz dapat masuk ke lini pertahanan Malaysia dalam kotak penalti dan langsung menyerang sudut kanan gawang yang tak dapat ditahan kiper Malaysia, Khairil Fahmi. Indonesia kian mendominasi dan menambah keunggulan di menit ke-11 lewat Irfan Bachdim.

Tertinggal, Malaysia tetap gencar di lapangan. Mereka sempat mengancam di gawang Indonesia. Berawal di menit ke-15 melalui Amri Yahyah. Pada akhirnya, sepakannya belum berhasil. Di menit ke-21, Malaysia malah semakin menurun setelah kebobolan karena serangan Boaz yang memanfaatkan umpan dari Zulham Zamrun. Skor 3-0 hingga babak perdana usai.

Memasuki babak kedua, pelatih Indonesia yakni Alfred Riedl melakukan pergantian pemain. Boaz Solossa dan Zulham Zamrun diganti oleh Lerby Eliandry Pong Baru dan Irsyad Maulana. Di menit ke-48, Irfan Bachdim kembali menebar teror. Tiga menit kemudian, Andik melepas sepakan datar, walau tak membuahkan hasil.

Indonesia hampir menambah keunggulan setelah Irfan sukses lepas dari tekanan pemain lawan, akan tetapi, arah bola masih bisa ditahan kiper Malyasia. Tim merah putih masih menekan laju permainan, Andik sempat mengancam gawang Malaysia di menit ke-80, namun tak membuahkan hasil.

Lima menit laga usai, timnas Malaysia tetap tak menurunkan tekanan bagi timnas Indonesia, walau upaya mereka tetap tak membuahkan hasil yang maksimal. Skor 3-0 menjadi tanda kemenangan Indonesia hingga pertandingan selesai.