West Ham Incar David Moyes

West Ham Incar Davd Moyes

Eks pelatih Manchester United, David Moyes dikabarkan akan kembali ke Liga Primer Inggris. Pelatih yang kini merumput di Spanyol ini memiliki kans beras untuk come back ke Inggris setelah West Ham dikabarkan tertarik menggunakan jasa eks pelatih The Toffees. Lelaki asal Skotlandia berusia 51 tahun itu, baru saja ditunjuk sebagai manajer Real Sociedad pada bulan November 2014 lalu.

Selain nama Moyes, ada pula nama lain yang menjadi kandidat pelath West Ham yakni Slaven Bilic, Marcelo Bielsa, Michael Laudrup dan Rafael Benitez. Mungkin dari semua nama tersebut, yang menjadi saingan terberat Moyes adalah Rafel Benitez yang saat ini merumput bersama klub Italia Napoli. Namun Moyes masih berada di daftar teratas kandidat manajer West Ham.

Benitez saat in tampil impresif bersama Napoli. Ia berhasil mengangkat performa Napoli hingga mampu bersaing di papan atas Serie A. Selain itu Benitez juga diperkirakan akan meninggalkan Napoli akhir musim ini. Namun bukan hanya West Ham yang tertarik meminang Benitez, Manchester City juga dikabarkan tertarik mendatangkan eks pelatih Liverpool tersebut.

Jika berpatokan pada hal tersebut, maka Moyes lah pilihan aman untuk West Ham. Sejatinya prestasi Moyes tidaklah seburuk pencitraannya bersama Manchester United. Moyes memiliki catatan yang cukup bagus di kancah Liga Primer Inggris. Dalam 461 pertandingan Moyes memiliki rasio kemenangan 41%, dibandingkan dengan Big Sam yang hanya 34% dari 428 pertandingan. Itu 143 poin lebih banyak untuk mantan bos Everton.

Jangan lupakan prestasi Moyes saat membawa The Toffees lolos ke kualifikasi Liga Champions setelah finish di urutan keempat pada musim 2004/05 lalu. Moyes dilaporkan akan mendapatkan gaji Rp 30 Milyar per tahun, jauh lebih sedikit daripada gaji Allardyce saat ini bersama West Ham yang mencapai Rp 60 Milyar per tahun.

Namun kalau bicara statistik maka Benitez adalah yang terbaik. Dalam 254 pertandingan yang dikelolanya di Liga Premier lelaki asal Spanyol itu memiliki persentase kemenangan 56%. Benitez juga terbilang sukses di arena Liga Champions dan Piala FA bersama dengan Liverpool. Ia juga pernah menyumbangkan trofi Liga Europa saat menangai Chelsea.