Legenda Sepakbola Argentina Mencalonkan Diri Sabagai Presiden FIFA

Pencalonan presiden FIFA semakin ramai saja. Jika sebelumnya sudah ada dua nama yang mencalonkan diri bakal menjadi presiden FIFA, kini calonnya nambah satu lagi. Sosok yang mencalonkan diri ini sudah sangat dikenal oleh semua lapisan pecinta sepakbola dunia. Ia adalah Diego Armando Maradona. Ya, legenda hidup sepakbola dunia asal Argentina ini kabarnya mengajukan diri sebagai calon kandidat presiden FIFA selanjutnya.

Menurut sebuah laporan yang muncul di Amerika Selatan, menyatakan bahwa Maradona telah menyatakan diri untuk maju sebagai calon presiden FIFA selanjutnya. Pencalonan presiden FIFA ini mulai ramai setelah presiden FIFA seumr hidup, Sepp Blatter mengundurkan diri dari jabatannya. Padahal Blatter baru saja memenangi pemilihan umum presiden FIFA untuk periode selanjutnya. Keputusan Blatter tersebut terang saja menjadi angin segar bagi para penentang Blatter selama ini. Diego Maradona menjadi salah satunya. ‘

Maradona selama ini dikenal kurang suka terhadap gaya kepemimpinan Blatter selaku presiden FIFA. Ia pernah mengatakan bahwa ; “Gara-gara Sepp Blatter, FIFA telah berubah menjadi aib dan malu yang menyakitkan bagi kita yang peduli tentang sepak bola.”

“Kami memiliki diktator seumur hidup. Saya sebut Blatter ‘pria es’ karena ia tidak memiliki inspirasi dan semangat di jantung sepakbola. Jika ini adalah wajah sepak bola internasional, kita berada di tempat yang sangat buruk. ”

Kabar seputar keinginan Maradona untuk menjadi kandidat presiden FIFA ini mencuat setelah penyiar dan penulis Uruguay Hugo Morales menelpon Maradona guna menanyakan kesehatan ayahnya. Namun ditengah percakapannya tersebut, Maradona mengatakan kepada Morales bahwa dia akan menjadi calon presiden FIFA dan Morales diberi wewenang untuk mengumumkannya kepada publik.

Dengan demikian sejauh ini sudah ada tiga orang yang mencalonkan diri sebagai kandidat presiden FIFA selanjutnya. Sebelumnya telah ada dua nama yakni legenda sepakbola brasil, Zico dan ketua FA Liberia Musa Bility. Perlu diketahui untuk bsia mencalonkan diri, seorang calon setidaknya harus mendapat nominasi minimal lima dari 209 asosiasi sepakbola nasional yang membentuk FIFA.