Menang Atas Uruguay, Venezuela Lolos Ke Babak Perempatfinal

Timnas Venezuela melaju ke babak perempatfinal dalam ajang Copa America 2016. Mereka berhasil menggulung pertahanan timnas Uruguay dengan menyudahi laga dengan skor 1-0.

Laga Copa America 2016 yang berlangsung di Lincoln Financial Field, Philadelphia, Jumat (10/6/2016) pagi WIB, timnas Uruguay membuka peluang pada menit ke-14. Edinson Cavani gagal menggunakan peluang bola yang diberikan Alvaro Gonzalez lewat sundulan. Dia yang sedang ada di tengah kotak penalti tak berhasil menyambut bola.

Uruguay kembali bermain dengan menekan pada menit ke-30. Terjangan bebas Gaston Ramirez masih tak menghasilkan menuju gawang Venezuela yang dijaga ketat oleh Daniel Hernandez. Tiga menit kemudian, Cavani kembali gagal menggunakan kesempatan yang ada. Dia menerima umpan Carlos Sanchez pada menit ke-33, Hernandez berjuang menangkap bola, sayang, posisi Cavani sudah offside.

Pada menit 35, tendangan Salomon Rondon dihalau pemain Uruguay. Dia memberi serangan pada sisi kanan kotak penalti gawang yang dijaga Fernando Muslera. Timnas Venezuela akhirnya dapat menciptakan skor semenit kemudian. Muslera mengalami kesulitan ketika Alejandro Guerra memberikan tendangan jarak jauh. Bola sempat mengenai tiang gawang, yang berhasil disambar oleh Rondon. Jelang babak pertama usai, Venezuela unggul 1-0.

Pada babak kedua, Uruguay melakukan tekanan di menit ke-53. Namun, usaha Cristian Stuani masih jauh dari gawang Venezuela. Salah satu skuad Venezuela, Adalberto Penaranda, tidak berhasil menggunakan kesempatan emas di menit ke-68. Lewat satu serangan balik, dia berhadapan dengan Muslera. Walau akhirnya gagal menundukkan Muslera. Di menit 81, Muslera dapat menangkap tendangan Rondon dengan baik.

Cavani kembali membuang kesempatan di menit ke-90. Memperoleh kesempatan yang terbuka, dia malah tak berhasil mencetak gol. Sampai laga usai, Uruguay tetap tak berhasil mendapatkan nilai. Gagal dalam dua laga awal, membuat tim ini harus berada di peringkat terbawah Grup C. Timnas Uruguay wajib mendapatkan kemenangan di laga akhir dan menanti hasil laga Meksiko kontra Jamaika.

Di sisi lain, timnas Venezuela sudah pasti masuk ke partai Copa America 2016 selanjutnya setelah mengumpulkan enam poin hasil dari dua kali berlaga.