Sepp Blatter Akhirnya Mundur Dari Jabatannya Sebagai Presiden FIFA

Resmi! Seep Blatter akhirnya mundur dari jabatannya selaku presiden FIFA, selasa (2/6/2015) waktu setempat. Padahal belum genap seminggu ia terpilih kembali menjadi presiden FIFA.

Sepp Blatter menyatakan pengunduran dirinya dalam sebuah acara jumpa pers di kota Zurich yang dikebal sebagai markas FIFA. Dalam jumpa pers tersebut Blatter mengatakan bahwa dirinya mengundurkan diri karena beberapa alasan. Salah satunya adalah tidak semua pihak atau orang di dunia menerima dia sebagai presiden FIFA yang terpilih untuk periode kelimanya.

Baltter juga mengatakan jika ia mundur juga untuk kebaikan FIFA. Jika anda mengikuti berita sepakbola internasional selama beberapa pekan belakangan ini, tentu anda tahu pihak mana saja yang menentang Blatter menjadi presiden FIFA. Salah satu yang paling tidak setuju Blatter menjadi presiden FIFA adalah federasi sepakbola Eropa (UEFA) dan FA inggris.

UEFA sendiri telah berencana untuk memboikot FIFA jika Blatter tetap memimpin FIFA. Sedangkan FA inggris malah mengusulkan negara-negara FIFA untuk memboikot Piala Dunia 2018 mendatang. Cukup pelik polemik yang yerjadi di tubuh FIFA saat ini.

Meskipun telah menyatakan mundur, hal itu tak lantas langsung membuat Blatter lengser dari jabatannya. Setidaknya calon pengganti Blatter harus bersabar hingga periode Desember 2015 – Maret 2016. Karena tenggat waktu tersebuutlah akan diadakan Kongres Luar Biasa untuk memilih presiden baru FIFA nantinya. Itu artinya sebelum terpilihnya presiden baru, Blatter tetap menjabat sebagai presiden FIFA.

Dalam pernyataan pengunduran dirinya, Blatter mengatakan bahwa dirinya sudah mempertimbangkan dengan matang mengenai jabatan presiden FIFA yang telah ia jalani selama 17 tahun terakhir.

Blatter pun mengungkapkan kecintaannya kepada FIFA lebih dari apapun. Ia hanya ingin melakukan yang terbaik untuk sepak bola dan FIFA. Meskipun ia kembali terpilih menjadi presiden FIFA untuk periode kelimanya, namun tak semua pihak mendukungnya. Hal ini pula yang menjadi alasan kenapa ia mengundurkan diri dan meminta Kongres Luar Biasa untuk diadakan sesegera mungkin untuk pemilihan presiden baru yang akan menggantikan dirinya.

Sekedar informasi, Blatter telah menjabat sebagai presiden FIFA sejak 8 Juni 1998. Kala itu ia menggantikan Joao Havelange.