Real Madrid dan Bayern Munchen Tunjukan Kepedulian Kepada Pengungsi Suriah

Publik dunia tengah berduka dengan adanya konflik suriah. Konflik yang terjadi di negara tersebut menyebabkan sebagain besar rakyatnya menderita dan harus mengungsi ke negara lain. Salah satu negera tujuan pengungsi Suriah ini adalah Eropa. Salah satu negara Eropa yang sudah membuka border negaranya untuk para pengungsi Suriah adalah Jerman.

Pemerintah Jerman menunjukkan kepedulian sosial yang begitu tinggi kepada sesama. Negara adidaya di daratan Eropa tersebut tak hanya membuka wilayahnya untuk ditinggali para pengungsi Suriah, melainkan juga memberikan bantuan dana bagi para pengungsi Suriah. Pemerintah Jerman beserta warganya saling bahu membahu dalam menegakkan rasa kepedulian terhadap sesama. Tak hanya itu, klub raksasa Bundesliga, Bayern Munchen pun ikut menunjukkan kepedulian mereka.

Huffington Posts melaporkan bahwa Bayern Munchen akan menyumbangkan uang sebesar 1 juta euro untuk proyek pengungsi, seperti mengadakan sebuah kamp yang akan memberikan pendidikan, makanan, dan perlengkapan sepak bola. Selain Bayern, klub sepak bola Jerman lainnya yang juga turut memberikan bantuan kepada para pengungsi adalah Mainz.

Selain Bayern Munchen dan Mainz, raksasa Spanyol, Real Madrid pun tak mau kalah. Klub kaya raya ini dilaporkan akan menyumbangkan dana sebesar 1 juta Euro, atau setara dengan Rp15 miliar, untuk para pengungsi perang Suriah yang datang ke Spanyol.

Selain itu, Presiden Madrid, Florentino Perez, sudah berbicara dengan Perdana Menteri Spanyol, Mariano Rajoy, guna membicarakan peran serta Madrid merawat pengungsi yang tiba di Spanyol.

Sebuah tragedi kemanusian yang terjadi di Suriah telah membuka mata publik dunia tentang arti hidup dan kepedulian kepada sesama. Madrid dan Bayern Munchen yang dikenal sebagi klub kaya raya, ternyata tak hanya memperdulikan bisnis semata. Kedua klub kaya ini kerap kali mengadakan program amal. Seharusnya klub-klub lain juga ikut membantu para pengungsi Suriah ini. Jika tak mampu memberikan bantuan dana, ya mungkin bisa menyenangkan hati para pengungsi Suriah dengan memberikan tontonan sepakbola gratis di stadion. Tapi masa iya, klub-klub elit di Spanyol dan Jerman tak mampu memberikan sumbangan sedikitpun?