Prancis Menang, Duka Belanda Kian Bertambah

Timnas Prancis berhasil mengalahkan timnas Belanda. Hasil ini semakin membuat Belanda terpuruk.  Setelah perginya sang legenda sepakbola, Johan Cruyff, kekalahan dalam laga persahabatan jelang Euro 2016 nanti dari Prancis dihasilkan dengan skor 2-3.

Pertandingan yang dilaksanakan di Amsterdam ArenaA, pada Sabtu (26/3/2016) dinihari WIB lalu, memang dilakukan dalam suasana duka. Hal ini karena beberapa hari yang lalu, timnas Belanda dan dunia berduka dengan kepergian Cruyff, legenda sepakbola yang merupakan pencetus total football karena penyakit kanker paru.

Terlepas dari suasana duka yang masih menyelimuti duel laga persahabatan jelang Euro 2016 tersebut, laga berjalan dengan sangat seru. Timnas Prancis yang merupakan tim tamu berlaga dengan permainan yang terbuka. Belanda sempat mendominasi jalannya pertandingan di awal pertandingan. Sayangnya, hal ini tidak berlangsung lama karena kinerja Prancis yang semakin sukses menekan lapangan tengah.

Baru enam menit laga dimulai, Antoine Griezman sudah berhasil menjebol gawang Belanda. Gol tersebut dilakukan penyerang Atletico Madrid setelah berhasil melakukan sepakan bebas. Unggul satu gol menjadikan pasukan ini berpeluang mencoba menguasai laga. Tuan rumah Piala Eropa 2016 tersebut akhirnya dapat menambah skor lewat Giroud pada menit 13. Gol tersebut terjadi setelah Olivier Giroud menggunakan sepak pojok Blaise Matuidi.

Pada babak kedua, Belanda mulai melakukan penyerangan. Gol berhasil dilakukan pada menit ke-47 setelah Luuk De Jong mendapat umpan dari tendangan bebas Memphis Deepay. Gol tersebut seolah meningkatkan semangat Belanda. Walau sempat mengalami tekanan setelah gol De Jong, tim Danny Blind tetap berjuang di lapangan.

Gol penyeimbang akhirnya dapat didapatkan timnas Belanda lewat sepakan Ibrahim Afellay. Akan tetapi, pada menit ke-86, Blaise Matuidi berhasil menghalau serangan timnas Belanda. Gol kerjasama dengan Anthony Martial sekaligus kemenangan timnas Prancis diperoleh dua menit sebelum laga usai.