Menang Atas Burkina Faso, Mesir Menuju Final Piala Afrika

Timnas Mesir masuk ke babak final Piala Afrika 2017. The Pharaohs akan bermain di laga final setelah berhasil dalam adu penalti kontra Burkina Faso dalam laga semifinal.

Laga di babak ini dihelat di Stade de l’Amitie, Libreville, pada Kamis (2/2/2017) dinihari WIB, usai dengan hasil skor 1-1. Mohamed Salah menjadikan timnas Mesir lebih dulu unggul di menit ke-66. Sepakan mengesankan dilakukan Salah menuju sudut atas gawang tanpa halangan dari kiper Herve Koffi.

Burkina Faso menciptakan gol penyama di menit ke-73 melalui Aristide Bance. Bance yang ada di wilayah kotak penalti dengan santai memainkan umpan dari rekannya dan menyarangkan ke gawang Mesir dengan baik.

Meski begitu, nihilnya gol di sisa waktu normal, laga akhirnya mendapat tambahan waktu. Akan tetapi, di waktu tersebut tetap saja tidak ada gol yang tercipta. Hal ini menjadikan, adu penalti untuk menentukan siapa yang menjadi juara di laga tersebut.

Memasuki adu penalti, kiper Mesir yakni Essam El Hadary menjadi bintang bagi timnasnya. El Hadary berhasil menghalau dua sepakan dari Burkina Faso yang dilakukan Herve Koffi dan Bertrand Traore. Mesir sukses dengan skor 4-3 dan penendang mereka yang tak berhasil hanyalah Abdallah Said.

Menuju babak final, Mesir akan segera bersiap melawan pemenang di laga antara Kamerun dan Ghana pada hari Minggu (5/2) yang akan datang.

  • Susunan Pemain

Burkina Faso, terdiri dari : Koffi, Yago, Dayo, B.Kone, Y.Coulibaly, Kabore, I.Toure, R.Traore, B.Traore, Bance, dan Nakoulma.

Timnas Mesir, terdiri dari : El Hadary,  Elmohamady, Hegazy, Gabr, A.Fathi,  Hamed, I.Salah, M.Salah, El-Said, Trezeguet, Kahraba.