Manuel Neuer, Kapten Baru Tim Nasional Jerman

Setelah Bastian Schweinsteiger memutuskan untuk gantung sepatu dari timnas Jerman, posisi kapten otomatis kosong. Akan tetapi, hal ini tak berlangsung lama, karena sang kiper mereka, Manuel Neuer terpilih untuk memiliki ban kapten di lengannya.

Bastian Schweinsteiger sudah melaksanakan laga perpisahannya di hari Rabu (31/8/2016) dini hari WIB, laga yang dimenangkan timnas Jerman dengan skor 2-0 atas Finlandia. Sebelum laga berlangsung, Schweinsteiger tak kuasa menahan haru kala namanya diucapkan.

Schweinsteiger bermain dalam waktu 67 menit sebelum Julian Weigl menggantikannya. Penonton yang hadir juga memberikan penghormatan dengan standing ovation. Masanya memperkuat Die Mannschaft usai sudah dengan kemenangan yang manis.

Bastian Schweinsteiger yang merupakan pemegang ban kapten timnas menggantikan Philipp Lahm yang juga pensiun. Kini, telah diberikan pada Manuel Neuer.

” Kami sangat beruntung karena terdapat beberapa pemain yang sangat dewasa dan cocok menjadi pemimpin di tim. Untuk saya, Manuel Neuer merupakan pemain yag pas menggantikan Schweinsteiger. Dia memiliki syarat menjadi kapten, selain ketangguhannya di lapangan, ” ujar pelatih mereka, Joachim Loew.

Di mata Joachim Loew, Manuel selalu menjadi pemain yang selalu dapat diandalkan pemain lainnya dan dapat menjadi panutan. Pemain berusia 30 tahun tersebut tercatat sudah memiliki 71 caps dengan timnas Jerman. Dia juga ikut memperkuat timnas saat menjadi juara Piala Dunia dua tahun lalu.