Louis Van Gaal Putuskan Gatung Sepatu

Akhirnya Louis van Gaal memutuskan untuk pensiun. Pelatih dari Belanda itu secara resmi mengungkapkan akan gantung sepatu dan menikmati waktu dengan keluarganya.

Manchester United merupakan klub pamungkas Louis Van Gaal sebelum akhirnya diberhantikan di bulan Mei 2016 yang lalu. Van Gaal diberhentikan hanya dua hari setelah membawa MU menjadi jawara di Piala FA tahun yang lalu.

Setelah tak menjadi pelatih MU, Van Gaal lantas tak terlihat dari dunia sepakbola dan lebih banyak memberikan waktunya untuk sang istri dan anak-anaknya. Sempat terdengar berita bahwa pelatih senior ini akan segera kembali melanjutkan karirnya di luar sepakbola Eropa.

Akan tetapi, berita itu hanya rumor, pasalnya Van Gaal memutuskan untuk berhenti dan mengaku lelah menjadi pelatih hingga akhirnya memutuskan untuk pensiun dari dunia yang selama ini sudah menjadi bagian hidupnya tersebut.

” Setelah Manchester United, saya merasa bahwa tiba saatnya untuk pensiun saja, kemudian saya merasa ingin menenangkan diri, namun kini saya merasa bahwa sudah waktunya untuk meninggalkan pekerjaan ini, ” ujar Van Gaal.

Salah satu hal yang membuat Van Gaal akhirnya mundur dari dunia sepakbola adalah meninggalnya salah satu menantunya.

Louis Van Gaal sendiri mulai terkenal sejak menjadi pelatih dari Ajax Amsterdam di musim 1991. Dia mendapat tiga gelar Liga Belanda dan trofi Liga Champions 1995 saat itu. Selanjutnya, dia melatih Barcelona yang sukses memberikan dua gelar La Liga, Copa del Rey, dan Piala Super Eropa. Dia juga menjadi pelatih Timnas Belanda dan Barca kemudian, AZ Alkmaar yang mempersembahkan satu gelar Liga Belanda.

Di tahun 2009, Van Gaal bergabung ke Bayern Munich dan mendapat gelar Bundesliga juga DFB-Pokal 2009/2010. Dia kembali menjadi pelatih Belanda di tahun 2012. Setelah itu, dirinya dipilih sebagai pelatih Manchester United dengan hasil Piala FA. 26 tahun menjadi pelatih, Louis Van Gaal sudah melaksanakan 888 laga dengan 536 kesuksesan, 179 seri, dan 173 kegagalan.