Karena Cinta, Ventura Mau Melatih Timnas Italia

Giampiero Ventura harus bertanggung jawab dengan pilihannya ketika menjadi pelatih tim nasional Italia. Menurutnya alasannya menerima hal tersebut adalah karena dasar cinta. Ventura mulai menjadi pelatih Gli Azzurri pada 8 Juli yang lalu. Di umurnya yang ke-68 tahun, belum pernah mendapat gelar juara liga di Italia.

Dengan timnas Italia yang juga membutuhkan peningkatan yang apik dalam kualifikasi Piala Dunia, setelah dalam putaran final di dua musim yang terakhir tersebut tersingkir dalam fase grup, Giampiero Ventura mengetahu dengan jelas posisi beratnya kini.

” Cinta dapat menjadikan Anda berbuat hal yang tak masuk akal. Di usia 68 tahun, masih menerima pekerjaan di timnas dan meninggalkan klub, ” ujar Ventura.

Sudah empat laga Ventura sebagai pelatih dengan dua kesuksesan, satu imbang dan satu kalah. Ia juga harus menyelesaikan urusan di luar lapangan, salah satunya seperti yang menimpa Graziano Pelle. Tetapi, Ventura melaksanakan tugasnya dengan baik dan percaya diri karena merasa sudah mendapat pengalaman yang banyak.

” Saya tahu ini sulit, namun semua sudah pernah saya alami. Di semua klub yang pernah saya kerjakan, selalu ada hal yang memang harus diperbaiki. Banyak klub yang berhasil saya naikkan kembali. Walau sulit, timnas Italia memang akan lebih mudah mendapat kritik dan masalah besar apalagi saya belum pernah mendapat gelar liga, ” tutup Giampiero Ventura.