Athletic Bilbao Raih Trofi Pertama Dalam 31 Tahun Terakhir

Tak ada kata yang bisa menggambarkan betapa bahagianya, anak-anak Atletico Bilbao malam kemarin. Pasalnya mereka baru saja merengkuh sebuah prestasi yang teramat membanggakan. Mereka berhasil meraih trofi Supercopa de Espana atau Piala Super Spanyol. Yang semakin membuatnya spesial adalah mereka mampu mengalahkan sang jawaran Eroa peraih trble winners musim lalu, Barcelona. Ini mnejadi momen angkat trofi pertama bagi Bilbao sejak 31 tahun terkahir. Terang saja seluruh pemain, staf, hingga suporter luap dalam euforia tersebut.

Ada satu momen yang juga spesial pada hari pengukuhan juara Bilbao. Pencetak gol semata wayang mereka, Aritz Aduriz mendapatkan berkah yang sangat luar biasa pada hari tersebut. Selain berhasil mengangkat trofi, ia juga dikaruni seorang putri. Ia mengatakan kepada media, bahwa hari terindah dalam hidupnya adalah kelahiran putrinya dan hari kemenangan timnya atas barca. Aritz Aduriz adalah top skorer dalam laga ini. Ia mencetak tiga gol di leg pertama dan satu gol di leg kedua.

Aduriz mengatakan bahwa memenangkan trofi Super Spanyol bersama Bilbao merupakan hal terbesar yang bisa diharapkan. Dan kini ia dan rekan-rekannya telah mewujudkan harapan tersebut. Wajar saja jika seluruh pemain, staff, maupun fans Bilbao benar-benar larut dalam kebahagiaan. Pasalnya ini adalah momen terbaik yang bisa mereka raih semnejak 31 tahun terakhir. Bertahun-tahun mereka belum pernah mengadakan apa pun di Bilbao. Dan kini orang-orang dari dua atau tiga generasi yang lalu layak mendapatkan pencapaian terbaik tahun ini.

Ini merupakan sebuah pencapaian yang sangat spesial bagi Bilbao. Mereka mampu menaklukkan Barca dengan agregat akhir 5-1. Setelah di leg pertama mereka berhasil membantai Barca tanpa ampun dengan skor 4-0. Dan kemudian di leg kedua yang digelar di Camp Nou, mereka berhasil menahan imbang skuad Luis Enrique yang dihuni oleh Messi Cs.

Kapten Carlos Gurpegui, produk akademi junior Bilbao, mengatakan masa penantian itu adalah waktu yang lama untuk klub Basque. Ini seakan mimpi yang menjadi kenyataan. Apalagi memenangkan gelar ini di Barcelona, tentu ini semakin memiliki arti.