Andrea Pirlo Belum Mau Pensiun dari Timnas Italia

Pengundian babak kualifikasi Piala Dunia 2018 baru saja usai digelar di Rusia sana. Namun sebelum event besar tersebut dimulai, terlebih dulu akan ada even besar lainnya yakni Euro 2016. Ajang prestisius untuk negara-negara Eropa tersebut tak kalah pamornya dengan Piala Dunia. Bahkan orang-orang menyebut bahwa Euro merupakan Piala Dunia Mini, karena diikuti oleh tim-tim terbaik eropa. Lantas pemain mana sih yang tak ingin bermain membela negaranya di ajang yang penuh gengsi seperti Euro?

Hal tersebut nampaknya juga dirasakan oleh Andrea Pirlo. Eks punggawa Juventus yang hijrah klub MLS (Liga Amerika Serikat) tersebut ternyata menyimpan hasrat untuk bisa bermain di ajang Euro 2016 mendatang. Hijrah ke MLS dan bermain untuk New York City FC, bukan berarti karier Andrea Pirlo di timnas Italia berakhir. Sang gelandang senior Azzuri tersebut menyatakan bahwa dirinya belum maun pensiun dari tim Azzuri.

Hal tersebut pun sudah ia sampaikan kepada pelatih timnas Italia, Antonio Conte. Pirlo memberikan jaminan kepada sang pelatih bahwa ia akan tetap menjaga performa apiknya meskipun saat ini ia bermain di MLS yang notabenenya tidak sekompetitif liga-liga besar di Eropa.

Pirlo mengatakan bahwa tidak ada yang berubah dari dirinya. Pirlo mengaku akan berusaha melakukan segalanya untuk bisa membela timnas Italia di ajang Piala Eropa (Euro 2016). Pirlo pun mengaku selalu senang mengenakan kostum kebanggaan timnas Italia.

“Tidak ada yang berubah, saya akan melakukan segalanya demi bisa berlaga di Piala Eropa (Euro 2016)”.

“Saya adalah orang Italia, dan hati saya selalu ada di sana,” salah satu kalimat emosional yang Pirlo katakan kepada pers baru-baru ini.

Dalam sesi wawancaranya dengan pers, Pirlo juga mengungkapkan alasan kenapa ia meninggalkan Serie A. Ia mengaku sedih lantaran hasus meninggalkan Liga dan tanah kelahirannya.

Mungkin tak banyak generasi tim Azzuri yang bisa menyamai prestasi Pirlo. Bermain di level klub, Pirlo sudah merasakan masa-masa indah bersama Inter Milan, AC Milan, dan Juventus.

Karirnya di level klub dan timnas pun bisa dibilang sama gemilangnya. Di level klub ia telah merengkuh dua kali trofi Liga Champions bersama AC Milan, empat trofi Serie A bersama Juventus dan satu trofi Piala Dunia bersama timnas Italia.