Wales, Negeri Kecil Dengan Semangat Besar

Suksesnya timnas Wales menjadi juara grup menjadikan Chris Coleman sangat bangga. Wales dinilai sukses tampil menawan dan membuktikan bahwa mereka memiliki kesungguhan dalam bermain dan tangguh di Euro 2016 ini.

Timnas Wales menjadi juara Grup B setelah berhasil melibas timnas Rusia dengan tiga gol telak. Laga Euro 2016 ini dihelat di Stadium Municipal, pada Selasa (21/6/2016) dinihari WIB tadi. Keberhasilan tersebut mereka dapatkan lewat serangan apik Aaron Ramsey, Neil Taylor, dan Gareth Bale.

Tiga poin di laga pamungkas ini, dengan hasil seri Inggris kontra Slovakia, menjadikan tim asuhan Chris Coleman naik dengan cepat ke posisi teratas klasemen dengan pengumpulan 6 poin. Mereka bersama Inggris yang kini di peringkat kedua dengan 5 poin akan masuk ke babak selanjutnya.

Jika dilihat, awalnya Wales melakukan persiapan dengan untuk melawan Rusia dengan keadaan yang tidak pasti. Sebelumnya, mereka gagal dengan skor akhir 1-2 dari Inggris setelah pertahanan ambruk di masa injury time, walau sempat unggul lebih dulu.

Coleman mengungkapkan jika hasil tersebut tak lepas dari kerja keras tim dalam debut turnamen ini. ” Kami berfokus sejak awal untuk masuk dalam posisi menuju 16 besar. Kami menyadari betapa beratnya melawan grup dengan Inggris, Rusia, dan Slovakia dan kami dapat melaju sampai laga pamungkas, ” kata Chris Coleman.

Wales adalah negara yang masuk dalam wilayah Kerajaan Inggris dan Inggris Raya. Luas daerahnya sekitar 20.779 km persegi, atau hanya 15% dari luas Inggris. Jumlah penduduknya saja hanya ada tiga juta jiwa. Sebagai bandingan, jumlah ini hanya sepertiga dari jumlah orang di Jakarta yang kini hingga sembilan juta jiwa, walau Jakarta memiliki luas area yang lebih kecil.