Gagal Bawa Belgia Di Euro 2016, Marc Wilmots Diberhentikan

Timnas Belgia tidak berhasil mendapatkan target yang mereka rencanakan di ajang Piala Eropa 2016 lalu. Karena hal tersebut, Marc Wilmots dipecat dari jabatannya. Francois de Keersmaecker, selaku Presiden Asosiasi Sepakbola Belgia mengungkapkan bahwa target tak berhasil dan mereka menginginkan hal yang baru.

Marc Wilmots diberhentikan dari tugasnya menjadi pelatih Belgia dua minggu setelah timnas Belgia kalah melawan Wales pada partai perempat final turnamen ini. Dalam laga itu, Eden Hazard dan rekan-rekan lainnya harus tertahan di skor 1-3.

Belgia memulai Piala Eropa 2016 itu dengan kegagalan skor 0-2 saat menghadapi Italia, walau kemudian menang dengan skor 3-0 dari Republik Irlandia dan berhasil menggulung Swedia dengan skor 1-0.

Pada babak knock out, Belgia bermain dengan menawan ketika menahan Hongaria dengan skor 4-0. Akan tetapi, mereka kalah telak oleh Wales. Hasil itu tentunya sangat tak mengenakkan karena Belgia terdiri dari tim yang tangguh dan ternama, seperti Thibaut Courtois, Toby Alderweireld, Eden Hazard dan Romelu Lukaku.

Selama menjadi pelatih dalam waktu empat tahun, Wilmots sejatinya bekerja dengan baik. Di peringkat 54 dunia, timnas Belgia ini ada di peringkat kedua. Terdapat 34 keberhasilan, imbang delapan kali dan kalah delapan kali dari 51 laga dengan pelatih berusia 47 tahun itu.

” Asosiasi Sepakbola Belgia sudah melakukan kontrak kerjasama dengan Marc Wilmots yang hanya sampai tahun 2018. Asosiasi akan melakukan proses mencari pelatih Belgia yang baru, dengan cara yang terbuka. Hal ini akan dimulai pada laga selanjutnya di bulan September dengan pelatih baru, yakni laga uji coba kontra Spanyol di Brussels, awal September, ” tulis pernyataan resmi tersebut.