Fernando Santos, Pelatih Pertama Pemberi Trofi Internasional Untuk Portugal

Fernando Santos merupakan pelatih Portugal yang dapat mempersembahkan trofi turnamen internasional kali pertama untuk timnas Portugal. Akan tetapi, tahukah Anda siapa sosok pelatih dengan nama panjang Fernando Manuel Fernandes da Costa Santos tersebut?

Fernando Santos berasal dari Lisbon, Portugal, yang lahir di tanggal 10 Oktober 1954. Dia adalah pelatih yang dikenal dengan gaya pertahanan yang tangguh. Tidak berlebihan, karena saat menjadi pesepakbola, Santos memang seorang bek. Karirnya dimulai di tahun 1973 sampai 1987, dia bermain di C.S Maritimo dan Estoril.

Debut sebagai pelatih memiliki cerita yang unik. Pelatih ini mempunyai gelar sarjana teknik elektro dan telekomunikasi yang sudah membawa 11 tim sejak 1988 silam. Dia masuk dalam empat pelatih yang pernah memimpin tiga klub raksasa Liga Portugal, Benfica, Porto, dan Sporting Lisbon. Selain itu, dia juga sempat masuk dalam tim di Liga Yunani, yakni AEK Athens, dan Panathinaikos.

Untuk level timnas, dia memulainya di tahun 2010 dengan Yunani dan membawa timnas ini menjadi Piala Eropa 2004. Santos juga membawa Yunani dalam Piala Eropa 2012 dan Piala Dunia 2014. Dalam sejarah sepakbola Yunani, dia membawa timnas ke Piala Dunia kali pertama.

Pelatih 61 tahun ini semakin populer setelah membawa negaranya merebut trofi Piala Eropa 2016. Menjadi pelatih Portugal sejak 2004, Santos sempat dikritik karena gayanya yang membawa timnas bermain tak menarik.

Sebagai pelatih, dia beranggapan bahwa tidak masalah bermain tidak menarik asal mendapat kemenangan. Hal ini yang kemudian diyakininya untuk Selecao das Quinas yang kemudian membawa trofi internasional bagi negaranya. Bagi Fernando Santos, kemenangan timnas Portugal ini adalah pencapaian terbaiknya sebagai pelatih.