Euro 2016 Jadi Turnamen Eropa Terakhir Lekaki Piyama, Gabor Kiraly

Gabor Kiraly, menjadi pesepakbola tertua di Euro 2016, namun, di usianya yang ke-40, timnas Hongaria masih membutuhkannya sebagai kiper utama Hongaria. Pemain yang kini memperkuat Haladas, klub sepakbola di Hongaria ini memiliki segudang pengalaman di turnamen sepakbola Eropa. Beberapa klub hebat, seperti Heartha Berlin, Bayer Leverkusen, Aston Villa, Crystal Palace hingga Fulham, pernah menjadi rumah bagi pemain senior kelahiran 1 April 1976 ini.

Dari segi penampilan, Gabor Kiraly terkenal dengan ciri khasnya yang unik. Di lapangan, dia kerap mengenakan celana Tracksuit panjang atau celana olahraga. Hal ini menjadikannya mendapat julukan si Lelaki Piyama.

“ Saya adalah seorang kiper dan bukan sebagai model. Saya mengenakan apa yang membuat saya nyaman. Saya bermain di lapangan yang terkadang sangat dingin di pergantian musim, ini membuat kaki saya cedera saat melompat. Hal ini membuat saya nyaman mengenakan celana panjang. ” ucapnya.

Lebih lanjut, Kiraly mengatakan bahwa dia pernah mengenakan celana pendek saat bertanding di Inggris dan Jerman. Tetapi sangat tidak nyaman. “ Bagi saya, hasil akhir adalah hal yang lebih penting. ” ucap Kiraly.

Pada akhirnya, gaya bukanlah hal yang paling penting, dari performanya yang dia lakukan di lapangan. Kiraly sudah mencetak 103 caps. Yang pasti dia bukan pemain yang asal-asalan, ini yang membuatnya masih memperoleh kepercayaan sampai 16 tahun bersama timnas Hongaria.

Hal ini juga diungkapkan oleh Mihaly Korhut, bek Hongaria asal klub Debrecen, yang mengungkapkan bahwa posisinya sangat diuntungkan dengan hadirnya kiper yang handal dan kaya akan pengalaman. Sama halnya dengan pelatih Hongaria, Bernd Storck yang memuji penampilan Kiraly.

“ Saya tidak pernah mempermasalahkan usia, yang penting adalah cara bermain yang baik dan itu ada dalam dirinya. Dia memiliki kharisma dan sebagai pemain yang dapat meningkatkan rasa percaya diri pemain lainnya. Dia sangat menolong dan diandalkan di Euro 2016 ini. ” ucap Storck.

Sebenarnya timnas Hongaria memiliki dua kiper yang lebih muda darinya, Denes Dibusz dan Peter Gulacsi, tapi, Gabor Kiraly tetap menjadi kiper utama Hongaria untuk laga perdana mereka berhadapan dengan Austria. Walau demikian, usia yang semakin senja, menjadikan Euro 2016 ini akan menjadi turnamen sepakbola Eropa terakhir baginya.