Debut Euro 2016, Thor Islandia Ini Ciptakan Sejarah Baru

Tidak berlebihan jika Birkir Bjarnason mendapat julukan sebagai Thor di negara asalnya, yakni Islandia. Seperti sang dewa, Bjarnason dinilai melakukan hal yang tepat ketika timnas Islandia bermain imbang dengan timnas Portugal di laga Euro 2016.

Laga yang mempertemukan kedua negara ini terjadi pada, Rabu (15/6/2016) dinihari tadi berjalan dengan penuh kejutan. Berpusat pada Cristiano Ronaldo dan Nani, timnas Portugal terlihat mendominasi lapangan dan banyak menorehkan kesempatan untuk menciptakan skor. Di sisi lain, timnas Islandia malah terlihat memperkuat pertahanan di tempat sendiri.

Walau mendapat tekanan dan melepaskan peluang yang tak banyak, Islandia ternyata dapat mengimbangi Portugal. 90 menit berjalannya laga, keduanya imbang dengan skor 1-1. Gol yang dilakukan oleh Nani pada menit ke-31 sukses dikejar oleh Birkir Bjarnason.

Sepakan yang diserang oleh Bjarnason bisa jadi menciptakan sejarah baru untuk Islandia, karena itu adalah gol debut negara ini dalam ajang sepakbola sekelas Euro 2016. Dengan ini, Bjarnason dinilai sebagai bintang untuk negaranya tersebut. Hal ini mengundang rasa penasaran dengan pemain berjuluk Thor ini di negara asalnya tersebut.

Birkir Bjarnason lahir pada tanggal 27 Mei 1988. Saat ini, dia bergabung dengan pemain inti FC Basel. Julukannya sebagai Thor karena memiliki bentuk fisik yang mirip dengan dewa petir dari sejarah mitologi Skandinavia tersebut.

Bjarnason memulai debut profesionalnya dengan FC Viking di Norwegia di tahun 2006. Selama lima musim berada di Norwegia, dia masuk ke klub Belgia dengan Standard Liege. Dia pernah memperkuat beberapa klub selama satu musim, diantaranya adalah Pescara, Sampdoria, dan FC Basel di musim ini.

Bjarnason bekerja sama dengan Xhaka bersaudara untuk lini tengah Basel, memperkuat klub Swiss tersebut dalam mendapatkan gelar juara Liga Swiss selama tujuh kali berturut-turut. Dalam Timnas Islandia, dia memulainya di tahun 2010, saat Islandia merasakan kegagalan kontra Prancis dengan skor 2-3. Hingga kini, Bjarnason sudah memiliki 47 caps dengan timnas.

Menjadi pemain tengah, perolehan gol Birkir Bjarnason cukup baik. Sebelum bertanding dengan Portugal di laga Euro 2016, ia sudah membukukan 6 gol. Gol ketujuhnya dia tambahkan saat menghadapi timnas Portugal yang sekaligus menjadi gol bersejarah untuk negaranya.