Akhirnya, Aksi Ronaldo Kembali Lagi

Sekian lama, akhirnya Cristiano Ronaldo menegaskan bahwa dirinya masih menjadi top skorer Portugal. Di ajang Piala Eropa 2016 ini, Ronaldo mencetak gol dan rekor yang baik sekaligus membawa timnas Portugal melaju ke babak 16 besar.

Cristiano Ronaldo masuk ke ajang sepakbola yang dihelat di Prancis ini dengan rasa optimis yang begitu besar setelah berhasil membawa Real Madrid menjadi juara Liga Champions. Timnas Portugal sangat banyak bergantung padanya dan berharap dapat mengulang keberhasilan tersebut seperti saat sukses di sesi kualifikasi Piala Eropa 2016.

Hal ini memang tidak berlebihan, pasalnya Ronaldo juga sedang tampil positif dengan Madrid yang berhasil menciptakan 51 gol selama musim lalu. Namun, segalanya tak berjalan dengan baik untuknya saat Ronaldo tidak dapat berbuat banyak untuk Portugal dalam dua laga pertamanya, menghadapi Islandia dan Austria.

Ketika bermain imbang dengan skor 1-1 bersama timnas Islandia, Ronaldo yang membuat peluang 10 sepakan, hanya sekali yang on target. Sementara untuk sisanya, enam dihalau tim lawan dan tiga tak kena sasaran. Kecewa berat, Ronaldo malah menkritik Islandia dengan pernyataan sebagai tim yang hanya bertahan dan tidak memiliki mental juara.

Apa yang diungkapkan Ronaldo tersebut menjadikannya banyak diserang berbagai kalangan dan hal tersebut semakin berat baginya tak kala dia tak beraksi saat laga lawan Austria. Bahkan Ronaldo memiliki peluang besar melesakkan gol namun sepakannya malah mengenai tiang dan Portugal harus puas dengan skor akhir 0-0.

Tetapi, di laga akhir grup F yang dilaksanakan di Stade de Lyon, Rabu dinihari kemarin, Ronaldo kembali pada performanya dalam melawan Hongaria. Setelah 23 attempts yang nihil, akhirnya Ronaldo mencetak gol. Dua gol dan satu assist membuat Portugal masuk ke babak selanjutnya dengan skor 3-3.

Selain itu, Ronaldo juga menjadi pemain pertama dengan gol tujuh ajang secara berturut-turut, sejak Piala Eropa 2004. Total 8 gol, dia torehkan dalam ajang ini. Rekor lainnya adalah dia merupakan pemain terbanyak dalam babak final yakni 17 laga.

Suksesnya Cristiano Ronaldo semakin lengkap dengan keberhasilan timnas Portugal masuk ke babak 16 besar dan menjadi salah satu tim di posisi ketiga paling baik. Seleccao Das Quinas memiliki tiga poin dari tiga laganya di Grup F. Kini mereka akan bersiap melawan Kroasia.